Rabu, 11 Maret 2015

9 Penyebab Rambut Rontok Parah Berlebihan Pada Wanita

Apakah Anda tahu penyebab rambut rontok yang terjadi pada Anda? Memiliki masalah rambut rontok memang sangat mengganggu. Rambut rontok yang parah dapat menyebabkan kebotakan. Selain itu, rambut yang rontok dan berjatuhan dapat mengotori ruangan. Beberapa perawatan rambut yang tepat mungkin dapat membantu mengatasi masalah rambut rontok. 

Tetapi ada baiknya jika Anda juga mengetahui penyebab dari rambut Anda yang rontok tersebut. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah melakukan pencegahan. Setelah mengetahui penyebabnya, Anda dapat menghindari penyebab rontoknya rambut Anda tersebut.

Penyebab Rambut Rontok Parah Berlebihan Pada Wanita

penyebab rambut rontok parah berlebihan
Lalu, apa sajakah penyebab dari rambut rontok yang hampir dialami oleh semua orang itu? Untuk lebih lengkapnya, simak penjabaran berikut ini mengenai beberapa penyebab rambut rontok parah:

1. Jarang keramas

Jarang keramas merupakan salah satu penyebab dari kerontokan rambut Anda. Keramas dapat membantu menghilangkan kotoran dari rambut. Jika Anda jarang keramas maka kotoran akan menumpuk di rambut dan kulit kepala Anda. Baik debu, keringat dan juga kotoran lainnya. Kotoran-kotoran tersebutlah yang menjadi penyebab rambut kurang nutrisi dan mudah rontok.

2. Penggunaan hair dryer

Penyebab lain dari kerontokan rambut adalah karena penggunaan hair dryer. Pada dasarnya, tidak akan menimbulkan masalah jika hanya menggunakannya sekali atau 2 kali saja. Tetapi jika terlalu sering menggunakan alat pengering rambut ini maka rambut akan mudah rusak.

3. Penggunaan bahan kimia

Menggunakan produk-produk berbahan kimia juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. Terlebih lagi jika Anda sering melakukannya. Bahan-bahan kimia ini dapat Anda temukan di beberapa produk pewarna rambut dan produk rambut lainnya.

4. Pengaruh hormon

Penyebab rambut rontok berlebihan selanjutnya yaitu karena pengaruh hormon. Hal ini dapat berpengaruh besar untuk orang-orang yang usianya 30 tahun keatas. Perubahan hormon tersebut dapat menjadi penyebab kerontokan rambut.

5. Radikal bebas

Adanya radikal bebas juga menjadi penyebab kerontokan rambut. Sinar matahari, bahan kimia dan polusi menjadi radikal bebas yang patut dihindari.

6. Mengikat rambut terlalu kuat

Seringnya mengikat rambut terlalu kuat juga dapat menyebabkan rambut Anda mudah rontok. Terlebih lagi jika ikatan rambut tersebut dipertahankan dalam waktu yang cukup lama. Hal tersebut dapat menjadi penyebab utama kerontokan rambut Anda.

7. Faktor genetik

Penyebab lain kerontokan rambut adalah adanya faktor atau pengaruh genetik. Beberapa orang mungkin sudah merawat rambut dengan cukup baik, tetapi masih saja rontok. Hal ini dapat dipengaruhi dari turunan orangtua atau genetik.

8. Pengaruh penyakit

Beberapa penyakit juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. Walaupun tidak semua penyakit, namun ada beberapa penyakit yang menjadi penyebab kerontokan rambut yang sangat parah. Beberapa penyakit yang dapat menjadi penyebab kerontokan rambut diantaranya yaitu kanker dan diabetes. Kemoterapi juga dapat menyebabkan kerontokan rambut.

9. Stres

Stres juga menjadi penyebab rambut rontok pada wanita yang patut diwaspadai. Banyak wanita yang harus merelakan rambut cantiknya hanya karena rontok akibat stress. Ada baiknya bagi Anda para wanita untuk terhindar dari stress. Jika merasa beban pikiran terlalu berat, cobalah untuk melakukan beberapa perjalanan.

Itulah beberapa penyebab kerontokan rambut yang mungkin dapat Anda waspadai. Ada beberapa yang dapat dihindari tetapi ada juga yang tidak dapat dihindari. Namun dengan mengetahui penyebab kerontokan rambut tersebut, setidaknya Anda akan lebih hati-hati dalam melakukan perawatan rambut Anda. Jangan biarkan rambut Anda rontok dan kebotakan menghampiri Anda. Demikian beberapa penyebab rambut rontok yang penting untuk Anda ketahui.

 
Back To Top