Selasa, 07 April 2015

Cara Merawat Kaki Kering dan Pecah-Pecah

Kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting perannya dalam kesehatan. Peran utama kaki adalah sebagai penopang tubuh secara keseluruhan ketika sedang melakukan aktivitas berjalan. Oleh sebab itu kesehatan pada kaki harus tetap dijaga dengan melakukan perawatan rutin. Cara merawat kaki agar tetap sehat tidak perlu ke salon, Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah.

Pada awalnya Anda mungkin akan acuh tak acuh pada kesehatan kaki tapi jika kaki sudah mulai pecah-pecah dan kering Anda baru akan mulai merawatnya. Sebenarnya belum terlambat tapi akan sedikit sulit untuk mengatasi kaki yang kering dan pecah-pecah jika tidak mengetahui caranya.

Cara Merawat Kaki Kering

cara merawat kaki pecah pecah

Cara merawat kaki kering dan juga pecah-pecah bisa dilakukan dengan berbagai cara yang mudah. Cara tersebut diantaranya yaitu:

1. Gunakan bubur pisang

Bubur pisang sangat baik untuk mengatasi kulit kering dan juga pecah-pecah. Didalamnya terkandung vitamin E yang bisa mengembalikan kesehatan kulit kaki Jadikan bubur pisang ini sebagai krim kaki saat di rumah ataupun di malam hari.

2. Olesi minyak bunga matahari

Jika bubur pisang terlalu sulit gunakan minyak bunga matahari untuk olesan tumit kaki yang kering. Oleskan minyak ini minimal dua kali sehari atau jika dibutuhkan. Pemakaian secara teratur bisa membuat kaki kembali indah.

3. Olesi minyak almond

Selain minyak bunga matahari, Anda juga bisa menggunakan minyak kacang almond untuk mengatasi kulit kaki yang pecah-pecah. Minyak kacang ini memang mengandung banyak sekali mineral yang baik untuk kulit.

4. Gunakan kopi

Kopi hitam asli juga bisa dijadikan sebagai olesan pada kaki yang pecah-pecah. Jadikan kopi seperti pasta kemudian aplikasikan pada tumit kaki sesering mungkin agar cepat mulus kembali.

5. Rendam dengan air lemon

Pecah-pecah pada kaki juga bisa dihilangkan dengan air lemon. Cukup rendam kaki selama 10 sampai 15 menit dalam air lemon lalu bersihkan dengan sikat dan bilas dengan air bersih. Cara ini sangat efektif menghilangkan pecah-pecah pada kaki.

Cara Merawat Kaki Pecah-Pecah

Selain cara merawat kaki pecah-pecah Anda juga perlu merawat kaki agar tidak kering dan pecah-pecah. Adapun cara perawatan kaki yang benar adalah dengan merendamnya didalam air hangat. Langkah-langkah untuk merendam kaki yang benar yaitu:

1. Siapkan air hangat

Langkah pertama adalah menyiapkan air hangat pada ember kecil untuk merendam kaki. Anda bisa mencampur air panas dengan air dingin untuk mendapatkan air yang hangat.

2. Campur dengan garam

Setelah itu, campurkan sedikit garam pada air yang sudah disiapkan. Garam ini bisa membantu menghilangkan kotoran pada kaki.

3. Rendam 15 menit

Kaki idealnya direndam selama 15 sampai 30 menit setiap harinya. Hal ini bisa membantu menghilangkan kotoran pada kaki dan membuat kaki menjadi rileks kembali.

4. Gosok dengan sikat atau batu kasar

Selama merendam Anda juga bisa menggosok kaki yang kering dan kasar agar semua kotorannya hilang dan kulit mati terangkat. Gosoklah kaki dengan perlahan jangan sampai terluka.

5. Bilas dengan air bersih dan keringkan

Setelah digosok, kemudian dibilas dengan air bersih dan kemudian dikeringkan. Keringkan kaki dengan handuk khusus yang lembut.

Kesehatan kaki harus dijaga dengan baik agar kaki tetap sehat dan juga bersih. Dengan kaki yang bersih Anda bisa tampil lebih percaya diri dalam tampil sehari-hari. Selain merawat kaki dengan merendam dan menghilangkan pecah-pecah pada kaki, Anda juga perlu merawat kuku-kuku kaki. 

Kuku kaki yang tidak dirawat bisa menyebabkan kaki mengeluarkan bau tidak sedap. Cara merawat kaki ini yaitu dengan memotong kuku kaki setiap satu minggu sekali. Kuku kaki yang tidak dipotong bisa membuat jari kaki terluka dan menyebabkan infeksi.

1 komentar:

 
Back To Top