Senin, 11 April 2016

Penyebab Dan Cara Menyembuhkan Jerawat Batu

Jerawat merupakan peradangan kulit akibat produksi minyak yang berlebih dari kelenjar minyak, dan terhalang oleh sel-sel kulit yang mati, sehingga tersumbat di pori-pori dan menimbulkan peradangan. Jerawat umumnya ada tiga jenis, yaitu jerawat biasa, jerawat batu, dan komedo. Dalam hal ini yang akan dibahas adalah jerawat batu. Jerawat batu merupakan jenis jerawat yang ukurannya lebih besar dibanding jerawat biasa, karena peradangan yang terjadi pada jerawat batu lebih hebat. Dan biasanya jerawat batu dapat menimbulkan rasa nyeri pada wajah. Berikut akan dibahas mengenai penyebab dan cara menyembuhkan jerawat batu.

Penyebab Dan Cara Menyembuhkan Jerawat Batu

Beberapa penyebab jerawat batu antara lain karena kelenjar minyak pada wajah menghasilkan minyak berlebih, sehingga dapat menimbulkan munculnya jerawat batu. Penyebab lain adalah pertumbuhan sel kulit yang tidak normal. Pada wajah normal, umumnya kulit akan selalu beregenerasi, sehingga sel-sel kulit yang mati yang tergantikan dengan sel kulit yang baru. Namun, ada beberapa area tertentu pada wajah yang pertumbuhan sel kulitnya tidak normal, sehingga menyebabkan sel kulit mati menumpuk dan menyebabkan peradangan. Oleh karena itulah, perlu dipelajari beberapa cara menyembuhkan jerawat batu.

Cara Menyembuhkan Jerawat Batu Menggunakan Bahan Alami

Cara menyembuhkan jerawat batu dengan bahan alami yang pertama adalah menggunakan tanaman mahkota dewa. Anda dapat memanfaatkan buah mahkota dewa, daun dewa, serta umbi mahkota dewa. Tanaman mahkota dewa mengandung zat anti peradangan dan anti iritan, sehingga sangat baik untuk mengatasi jerawat batu. Cara menggunakannya cukup mudah, ambil buah mahkota dewa, daun dewa, dan umbi mahkota dewa secukupnya. Kemudian cuci hingga bersih. Setelah dicuci, haluskan ketiga bahan tersebut, dan tempelkan pada area wajah yang mengalami peradangan jerawat batu.

Selain menggunakan mahkota dewa, anda juga dapat memanfaatkan bawah putih sebagai pengobatan jerawat batu. Cara menyembuhkan jerawat batu menggunakan bawang putih juga cukup mudah, yakni dengan menumbuk ataupun mengiris halus bawang putih, kemudian tempelkan pada area wajah yang mengalami peradangan jerawat batu. Hal ini dipercaya mampu menekan peradangan pada kulit wajah sebelum jerawat lebih membesar. Lakukan hal tersebut selama tiga hari berturut-turut ketika mulai muncul gejala jerawat batu.

Cara menyembuhkan jerawat batu yang selanjutnya adalah menggunakan penguapan tanaman sidaguri dan daun mahkota dewa. Caranya dengan merebus sidaguri dengan daun mahkota dewa bersama dua gelas air. Setelah mendidih, letakkan wajah pada bagian atas rebusan sidaguri dan mahkota dewa. Hal ini dilakukan karena hanya uapnya saja yang akan diambil. Selain dengan menguapkan sidaguri dan daun mahkota dewa, penyembuhan jerawat batu juga dapat dilakukan menggunakan kentang. Kentang diiris tipis atau diparut, kemudian ditempelkan pada wajah yang mengalami peradangan jerawat batu. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Beberapa tips di atas adalah beberapa cara menyembuhkan jerawat batu. Ada baiknya juga jika anda melakukan pencegahan sebelum jerawat batu muncul. Merawat kesehatan kulit wajah dapat membantu mengurangi timbulnya masalah pada wajah. Misalnya dengan rajin membersihkan muka saat bangun tidur, saat hendak menggunakan make up, dan saat hendak tidur. Konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, minimal delapan gelas per hari, juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Kemudian, hindari stress dan kurangi makan makanan yang digoreng ataupun berlemak. Hal-hal tersebut dapat anda lakukan sebelum timbul masalah pada kulit.

 
Back To Top